Resepsi Pernikahan Antara Gengsi Dan Realita

Menikah itu murah dan mudah yang mahal itu gengsinya

Sepertinya enak ya kalau membayangan resepsi pernikahan yang lancar tanpa hambatan. Apalagi hambatan keuangan he..he…

Persiapan ini dan itu seperti urusan dekorasi, bikin undangan, biaya sewa gedung, catering dan lain sebagainya. Atau kalau gak mau repot, bisa sewa jasa wedding organizer. Tapi ya itu, kalau mau pakai jasa wedding organizer yang bagus, harus nambah ongkos lagi. tambah mumet dah.

Sebenarnya menikah itu mudah dan murah, tinggal datang ke KUA bagi yang muslim untuk melakukan akad nikah, atau ke gereja bagi pemeluk katolik dan Kristen, untuk melakukan pemberkatan. Sudah sah jadi pasangan suami istri.

Nah masalah selanjutnya adalah, bagaimana menyelenggarakan acara resepsi. Ini yang bikin anggaran menjadi besar.

Wilhelmina Wedding akan memberikan beberapa tips menikah dengan biaya hemat:

  1. Tentukan jumlah undangan yang akan hadir. Undangan dari mempelai saja atau undangan rekan dan kerabat orangtua juga. Ini yang selanjutnya akan menentukan lokasi dimana acara diselenggarakan.
  2. Tentukan lokasi acara. Setelah jumlah undangan dihitung, biasanya akan diputuskan lokasi acara. Bisa di rumah, restoran atau hotel. Kalau gak banyak undangan bisa di rumah. Nah kalau gak mau repot bisa di restoran yang bisa menyelenggarakan acara resepsi. Mau naik lagi bisa ke hotel. Saran kami kalau undangan tidak banyak bisa ke budget hotel, atau meeting room hotel. Biasanya kalau resepsi pernikahan di restoran atau dihotel, makanan sudah dari tempat acara, bukan catering dari luar.
  3. Bikin undangan yang sederhana saja. Pada akhirnya undangan semahal apapun akan dibuang di tempat sampah. Kalau mau lebih terlihat bagus, bikin yang unik tapi murah meriah bahannya. biasanya ini butuh waktu buat cari cari inspirasi. bisa cari inspirasi online atau tanya sana sini. Kalau mau usaha pasti kamu bisa.
  4. Cari vendor dekorasi yang sesuai anggaran yang kamu punya. Banyak kok vendor dekorasi yang murah meriah tapi bagus hasilnya. Budget 3 jutaan udah bisa dekor cantik, bisa di restoran atau di hotel, apalagi buat di rumah. Vendor dekor Wilhelmina Wedding contohnya
  5. Selebihnya biaya untuk souvenir dan yang lainnya bisa kamu diskusikan dengan calon pasangan kamu. Intinya tuh, hidup setelah resepsi pernikahan lebih membutuhkan uang daripada acara resepsi yang mewah dan glamour. Menikah itu bukan bisnis yang berharap balik modal karena uang angpao. Kalau gak balik modal nanti kecewa akhirnya. Apalagi sampe amit amit gadaikan sertifikat rumah atau BPKB kendaraan untuk biaya resepsi.

Ok. Semoga menginspirasi. Tambahkan sendiri ya kalau ada yang kurang. Mohon maaf bila ada yang salah.

Terima Kasih.

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>